Capres, Mari Bercermin ke Mahmoud Ahmadinejad


presiden-iran-mahmoud-ahmadinejadPemilu Legislatif sudah usai. Kini kita menyongsong Pemilu Presiden. Tentunya dengan pemilu ini kita sangat berharap mendapat pemimpin yang baik, yang mampu membawa masyarakat keluar dari masalah-masalah yang membelitnya. Kita tidak ingin, presiden nanti adalah seseorang yang gila hormat, yang selalu mementingkan diri dan partainya. Kita tak mau pemimpin yang menumpuk harta dengan segala cara, menjual asset-asset Negara dan menjatuhkan harga diri bangsa ini. Kita pun tak ingin pemimpin yang suka menyiksa rakyatnya, memenjarakan orang-orang yang tak berdosa dan suka membohongi rakyat.

Dalam Pilpres nanti, tentu kita sangat merindukan lahir seorang pemimpin yang memiliki kasih sayang pada rakyatnya, memperhatikan nasibnya dan menjadi pelayan bagi masyarakatnya. Seorang pemimpin yang membangun citra baik pada dunia, menjunjung tinggi keadilan dan memiliki ketegasan pada kebenaran dan swadesi bangsa. Seorang pemimpin yang sederhana dan bersahaja.

Alangkah baiknya kita, sebagai pemilih, terlebih lagi para capres nanti berkaca pada sosok sederhana pemimpin Iran, Mahmoud Ahmadinejad. Dibalik sosoknya yang kontroversial karena keberanian dan ketegasannya membela hak dan keadilan, Ahmadinejad tampil sangat low profile, sederhana dan sangat bersahaja.

ahmadinejad-cium-tanganAhmadinejad yang merupakan putra seorang pandai besi, terpilih sebagai Presiden Iran setelah mengalahkan 6 kandidat presiden lainnya. Saat itu, tidak ada yang mengira kalau seorang anak pandai besi itu akhirnya menjadi pemimpin negeri mullah itu. Padahala, 6 kandidat presiden lainnya merupakan tokoh ulama atau tokoh politik yang memiliki sumber dana besar.

Ahmadinejad terpilih karena rakyat menyukai gaya dan sifatnya yang sederhana. Saat ia menjabat Walikota Teheran, kemana-mana selalu menyetir sendiri, tetap tinggal di rumah susunnya, membersihkan lingkungannya dan suka mengamati sendiri setiap sudut kota. Ia pernah diwawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya:

“Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?” Ia menjawab “Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya.”Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran .”

Ya, itulah Ahmadinejad. Ia menjadi figure sederhana dan apa adanya, walaupun ia seorang presiden. Ia lebih mementingkan kehidupan dan nasib rakyatnya. Lihat saja langkah-langkah yang dia lakukan di saat menjabat presiden pada awal ia memerintah. Banyak kalangan terkejut dan ternganga karenanya. Inilah apa yang dia lakukan yang patut ditiru para pemimpin kita:

  1. Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid-masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.
  2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.
  3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.
  4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menterinya untuk datang kepadanya dan menteri-menteri tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya. Arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri-menterinya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.
  5. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.
  6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.
  7. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimilikinya seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.
  8. ahmadinejad-makan-sederhanaSatu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.
  9. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelasahmadinejad-tidur ekonomi.
  10. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menteri nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menteri nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.ahmadinejad-shalat-dalam-shaf
  11. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.
  12. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pegawainya yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto yang diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk Amerika.
  13. Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada, meskipun hanya beralaskan karpet biasa
  14. Ahmadinejad pernah mempunyai Hajatan Besar Yaitu Menikahkan Puteranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh. Lihat saja dokumentasi pernikahan Putra Seorang Presiden ini.

ahmadinejad-dlm-pernikahan3pernikahan-putra-ahmadinejadahmadinejad-dlm-pernikahan2

Begitulah suatu kesederahanaan seorang Presiden Ahmadinejad. Dengan kesederahanannya itu, rakyat Iran makin mencintainya. Walaupun di masa pemerintahan Ahmadinejad, masyarakat Iran pernah sengsara akibat embargo Amerika di mana terjadi inflasi yang tinggi dan susah memperoleh bahan makanan dan barang-barang terjadi kenaikan harga. Namun masyarakat Iran sabar menghadapinya. Mereka tidak lantas mendemo presiden karena mereka tau, mereka melihat bahwa pemimpinnya pun hidup sangat sederhana dan jauh dari kemewahan.

Dalam menghadapi tekanan barat pun Ahmadinejad berani dan tegas. Masih ingat pidatonya di saat konferensi PBB tentang Anti Rasisme 20 April lalu di Jenewa? Pidato itu membuat sedikitnya 30 delegasi walk out. Terutama dari Eropa dan Amerika yang merupakan pendukung kuat zionisme Israel. (lihat pidato lengkapnya di sini)

Anda yang menciptakan dan menggunakan senjata biologis saat perang Irak-Iran. Anda yang menggunakan peluru ber-uranium. Apa hak Anda melarang kami (Iran) mengembangkan teknologi nuklir untuk energi dan perdamaian. (Ahmadinejad)

Suatu ketika Ahmadinejad mendapat pertanyaan dari wartawan Jepang : “Tuan Presiden, kenapa Anda masih mempertahankan pengembangan teknologi nuklir yang mengancam perdamaian dunia ? ” Anda seharusnya tidak perlu mengkhawatirkan kami (Iran), Anda harusnya lebih khawatir kepada negara yang pernah menjatuhkan bom nuklir ke negara Anda, jawab Ahmadinejad”

Kesederhanaan, pengabdian tulus pada negara dan keberanian dalam menghadapi tekanan barat membuat Mahmoud Ahmadinejad makin dicintai rakyatnya. Sebagai warga negara, saya juga berharap dipimpin oleh pemimpin dengan figur seperti Mahmoud Ahmadinejad.

So, ayo kita pilih pemimpin yang bersahaja, jujur, tegas dan berani….!!

5 Komentar

  1. di indonesia kaga ada pemimpin seperti itu…edan kabeh di indonesiamah…pada mabok janda

  2. Ya Allah berikanlah pribadi seperti itu kepdaku…

  3. Subhanallah, ternyata pemimpin seperti itu masih ada dimuka bumi ini. semoga Allah senantiasa merahmati dan melindungi presiden Mahmoud Ahmadinejad dan keluarga dimanapun berada. amin

  4. subhannaulloh……………
    WASPADALAH dan HATI-HATILAH anda terhadap tipu daya mereka kaum SYI’AH,
    jangan sampai anda terjerumus kedalam perangkatnya,
    mereka adalah sebuah kaum yang sangat gemar bahkan hobby MELAKHNAT DAN MENGKAFIRKAN para sahabat-sahabat ROSULLULLOHI sholallahu ‘alaihi wasallam,
    apakah ada rosulullah mengajarkan seperti begitu kepada kita UMMAT MUSLIM????,
    apakah ada?????
    coba anda lihat di internet pekerjaan2 dan amal2 mereka!!!!!!
    merekapun juga mempunyai tempat THOWAF sendiri , bahkan mereka pun juga mempunyai acara tersendiri yaitu pesta memperingati hari wafatnya hasan&husain, yaitu dengan cara menyiksa diri sendiri&berteriak-teriak…,
    apakah ada ajaran seperti begini dari rosul kita??????
    apakah ada???
    bahkan sebagian ‘Ulama telah mengeluarkan mereka dari ISLAM.,
    mungkin sukup sampai disini penjelasan singkat darin saya seputar kelicika mereka kaum SYI’AH dari saya apabila ada kesalahan saya mohon ma’af karna saya hanyalah hamba Allah yang takkan luput dari kesalahan…
    wassalmu;alaikum warohmatullohi wabaroka…tuh

    • kamu menyudutkan kaum syiah atau mr ahmadinejab??? klo mau jelekin suatu kaum sana langsung aja datang ke tempat mreka…. jgn berkoak kyk pantat bebek, atau kamu pro amrik yg laknat itu ya bangsat???? dasar penghasut kamu anjinggggg


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s