Be SMaRT in Your Life


be smartKawan, dalam menjalani hidup ini tentu asa gampang-gampang susah. Selalu aja ada kendala atau masalah yang mampir, yang membuat kita resah. Dari mulai masalah keluarga, masalah keuangan, masalah percintaan atau masalah-masalah lainnya, yang kerap membuat kita drop. Kita jadi tidak bergairah dan merasa kalau diri ini tak pantas untuk mendapatkan yang terbaik di dunia ini, alias minder. Nah, bagi Anda yang sering dirundung ketakutan, kecemasan, cemberut atau muka yang selalu ditekuk, coba deh baca tips dari Soegianto Hartono. Tipsnya adalah be SMART in your life.

Ya, SMART alias cerdas menjalani hidup ini agar hidup ini jadi nyaman dan menyenangkan. Apa itu SMART? Soegianto Hartono mengurainya secara alphabetis

S = Semangat

Menjalani hidup ini haruslah semangat. Masalah hidup selalu ada, tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah menghadapi masalah. Mulai dari masalah keluarga, masalah anak-anak, masalah keuangan, masalah pekerjaan, masalah tetangga, dan lain sebagainya. Bila kita menghadapi semua masalah hidup ini dengan semangat, maka semua masalah itu bisa di atasi dengan mudah, bahkan bisa berubah menjadiberkah.

Tetapi sebaliknya bila kita menghadapi dengan kelesuan, ketakutan, atau kejengkelan, masalah itu tidak menjadi selesai, bahkan akan membesar dan menyulitkan hidup kita. Jadi kunci hidup adalah semangat. Dengan semangat barulah kita bisa menghadapi rintangan-rintangan dan keluar sebagai pemenang. Kobarkan terus semangat hidup kita, bangkitkan gairah dan motivasi diri sendiri.

M = Mahir memilih kehidupan

Kita harus mahir memilih kehidupan seperti apa yang ingin kita jalani. Kalau kita tidak memilih, maka akan ada orang lain yang akan memberikan kehidupan bagi kita dengan risiko mungkin kita tidak suka kehidupan itu. Kita mempunyai kebebasan untuk memilih, gunakan hak ini sebaik-baiknya. Kalau kita tidak memutuskan pilihan tentang kehidupan yang kita inginkan, jangan pernah komplain karena memang salah kita sendiri yang tidak menggunakan hak pilihnya.

A = Analisa

Kita harus berani dan mampu membuat analisa dan evaluasi diri. Mungkin saja pikiran, ucapan, dan tindakan yang pernah kita lakukan itu salah. Buatlah renungan-renungan untuk merefleksikan apa saja yang telah kita perbuat, lakukan perbaikan sekiranya ada kesalahan-kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja. Buatlah komitmen untuk mengaplikasikan perubahan-perubahan yang lebih baik dan jangan malu untuk mengakui kesalahan. Karena ini adalah kunci untuk melakukan transformasi diri.

R = Rujukan atau referensi

Mau untuk belajar dari pengalaman diri sendiri maupun pengalaman dari orang lain. Jangan mempertahankan keyakinan yang keliru dan yang sudah usang, buka mata hati dan pikiran untuk menerima hal-hal baru. Mungkin saja apa yang pernah kita pelajari sebelumnya atau apa yang kita yakini selama ini sebetulnya keliru dan mempersulit hidup kita sendiri. Kita harus rela dan ikhlas untuk berubah, kalau seandainya keyakinan kita selama ini memang salah. Kita harus menghilangkan rasa gengsi atau mempertahankan sesuatu yang salah, lebih-lebih lagi kalau itu ternyata mempersulit hidup kita.

T = Tindakan

Lakukan tindakan untuk mengubah keadaan. Lakukan tindakan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Tanpa tindakan kehidupan kita belumlah berubah. Ingat we can’t change the wind direction but we can just change the wings direction.

Oke kawan, semoga bermanfaat…..

(sumber: www.andriewongso.com)

2 Komentar

  1. thanks a atas tulisannya yang bagus…
    kenalkan saya Agus Suhanto

    • sama2.
      slm knal jg mas agus


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s