Kenali Sepuluh Gejala Kencing Manis


Anda sering kencing, gatal-gatal atau berat badan turun? Hati-hati, mungkin aja itu gejala kencing manis. Kalau itu terjadi, wah bisa gawat. Yuk kita kenali apa itu kencing manis dan apa aja gejala-gejalanya….

Kencing manis atau yang biasa disebut Diabetes Melitus merupakan keadaan dimana kadar gula dalam darah berlebih atau istilah lainnya hiperglikemia. Keadaan ini berlangsung lama (kronik) dan disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada berbagai organ tubuh.

Diabet, kalau didiamkan dan menjadi komplikasi, bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Konon K.H. Abdurrohman Wahid alias Gus Dur pun dikabarkan meninggal karena komplikasi ganguan diabetes, jantung dan ginjal.

So, mari kita kenali sejak dini gejala diabet supaya kita bisa melakukan tindakan preventif untuk menanggulanginya agar tidak menjadi kronis. Apa saja gejala diabetes itu? Inilah sepuluh gejala Diabetes Militus yang juga sering disosialisasikan di hospital-hospital melalui poster bergambar di bawah ini. Kalau mau lebih jelas, silahkan klik pada gambarnya….😉

Untuk mendiagnosa secara pasti apakah seseorang benar menderita penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus (DM) maka diperlukan pemeriksaan gula darah atau glukosa.

Disebut DM jika gula darah lebih dari 200mg/dl atau gula darah puasa sama dengan atau lebih dari 126mg/dl.

Semoga aja kita bisa terhindar dari penyakit DM dengan menerapkan berbagai pola hidup sehat. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, namun dapat dikendalikan dengan olah raga, diet dan obat-obatan….

1 Komentar

  1. […] Namun, karena hormon insulinnya kurang, maka gula dalam darah akan menumpuk. Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak mampu menyerap gula ini kembali sehingga gula darah lolos melalui saringan dan keluar bersama air seni. Gejala yang umum diderita oleh penderita kencing manis di antaranya cepat lelah, selalu merasa haus dan lapar, serta jika mengalami luka akan susah sekali sembuhnya. Selengkapnya untuk mengenali gejala kencing manis bisa dilihat DI SINI. […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s