Tip Mengatasi Global Warming dari Makanan dan Minuman Kita


Global Warming, semua pada tahu kan? Makhluk yang satu ini sudah menghantui dunia abad-21 akhir-akhir ini. Semua orang bisa merasakan efeknya yang dahsyat. Banjir, karena intensitas hujan yang tinggi, suhu bumi yang meningkat karena lapisan ozon yang menipis. Dan lain-lain, menjadikan makhluk di seantero bumi ini kalang kabut. Film 2012 besutan Hollywood pun bisa dibilang menunjukkan kepanikan warga bumi atas global warming alias pemanasan global ini.

Yuk, ikut berperan menanggulangi global warming demi bumi kita, dan kita sendiri. Inilah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi global warming dalam hal makanan dan minuman:

  1. Kurangi konsumsi daging. Bervegetarian adalah yang terbaik! Berdasarkan penelitian, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum. Bayangkan bagaimana kita bisa menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan jika kita bervegetarian. Peternakan juga penyumbang 18% “jejak karbon” dunia, yang mana lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll). Belum ditambah lagi dengan bahaya gas-gas rumah kaca tambahan yang dihasilkan oleh aktivitas peternakan lainnya seperti metana yang notabene 3 kali lebih berbahaya dari CO2 dan gas NO yang 300 kali lebih berbahaya dari CO2. Dan yang pasti banyak manfaat kesehatan dan spiritual dari bervegetarian. Kita akan menjadi lebih sehat dan pengasih.
  2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar. Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita.
  3. Beli produk lokal, hasil pertanian lokal sangat murah dan juga sangat menghemat energi, terutama jika kita menghitung energi dan biaya transportasinya. Makanan organik lebih ramah lingkungan, tetapi periksa juga asalnya. Jika diimpor dari daerah lain, kemungkinan emisi karbon yang dihasilkan akan lebih besar daripada manfaatnya.
  4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas. Akan lebih baik lagi jika Kita bisa menggunakannya berulang-ulang. Energi untuk membuat satu kaleng alumunium setara dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam.
  5. Beli dalam kemasan besar. Akan jauh lebih murah, juga menghemat sumber daya untuk kemasan. Jika terlalu banyak, ajaklah teman atau saudara Kita untuk berbagi saat membelinya.
  6. Matikan oven Kita beberapa menit sebelum waktunya. Jika tetap dibiarkan tertutup, maka panas tersebut tidak akan hilang.
  7. Hindari fast food. Fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu konsumsi fast food juga buruk untuk kesehatan Kita.
  8. Bawa tas yang bisa dipakai ulang. Bawalah sendiri tas belanja Kita, dengan demikian Kita mengurangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan. Belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan besar di Indonesia sudah mulai mengedukasi pelanggannya untuk menggunakan sistem seperti ini. Jadi sambutlah itikad baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.
  9. Gunakan gelas yang bisa dicuci. Jika Kita terbiasa dengan cara modern yang selalu menyajikan minum bagi tamu dengan air atau kopi dalam kemasan. Beralihlah ke cara lama kita. Dengan menggunakan gelas kaca, keramik, atau plastik food grade yang bisa kita cuci dan dipakai ulang.
  10. Berbelanjalah di lingkungan sekitar Kita. Akan sangat menghemat biaya transportasi dan BBM Kita.
  11. Tanam pohon setiap ada kesempatan. Baik di lingkungan ataupun dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon. Bisa dengan menyumbang bibit, dana, dan lain-lain. Tergantung kesempatan dan kemampuan Kita masing-masing.

Baca juga tip-tip lain untuk mengatasi global warming:

– Tip Mengatasi Global Warming dari Hal-hal yang Kecil
– Tip Mengatasi Global Warming dari Rumah
– Tip Mengatasi Global Warming dalam Pekerjaan
– Tip Mengatasi Global Warming dalam Kendaraan
– Tip Mengatasi Global Warming dari Barang-barang Elektronik
– Tip Mengatasi Global Warming dari Alat Kebersihan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s