Enam Dalil Haram Merokok Yang Dikeluarkan Muhammadiyah


Muhammadiyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, telah mengeluarkan fatwa haram rokok.  Fatwa haram ini bertujuan untuk mengupayakan pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat sebagai bagian dari tujuan syariah atau hukum Islam.

Berikut dalil yang melandasi diambilnya keputusan bahwa merokok adalah haram seperti yang ada dalam naskah Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid bernomor 6/SM/MTT/III/2010:

1. Merokok termasuk kategori perbuatan melakukan khabaa’its (kotor/najis) yang dilarang dalam Al Quran Surat Al a’raf (ayat) 157.

2. Perbuatan merokok mengandung unsur menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan dan bahkan merupakan perbuatan bunuh diri secara perlahan sehingga itu bertentangan dengan larangan Al Quran Al Baqoroh (ayat) 2 dan An Nisa (ayat) 29.

3. Perbuatan merokok membahayakan diri dan orang lain yang terkena paparan asap rokok sebab rokok adalah zat adiktif plus mengandung 4000 zat kimia, 69 di antaranya adalah karsinogenik/pencetus kanker (Fact Sheet TCSC-AKMI, Fakta Tembakau di Indonesia) sebagaimana telah disepakati oleh para ahli medis dan para akademisi kesehatan. Oleh karena itu merokok bertentangan dengan prinsip syariah dalam hadits Nabi SAW bahwa “tidak ada perbuatan membahayakan diri sendiri dan membahayakan orang lain.”

4. Rokok diakui sebagai zat adiktif dan mengandung unsur racun yang membahayakan walaupun tidak seketika melainkan dalam beberapa waktu kemudian sehingga oleh karena itu perbuatan merokok termasuk kategori melakukan sesuatu yang melemahkan sehingga bertentangan dengan hadits Nabi SAW yang melarang setiap perkara yang memabukkan dan melemahkan.

5. Oleh karena merokok jelas membahayakan kesehatan bagi perokok dan orang sekitar yang terkena paparan asap rokok, maka pembelanjaan uang untuk rokok berarti melakukan perbuatan mubazir (pemborosan) yang dilarang dalam Al Quran Surat Al Isra (ayat) 26-27.

6. Merokok bertentangan dengan unsur-unsur tujuan syariah (maqaasid asy-syariiah) yaitu perlindungan agama, jiwa/raga, akal, keluarga dan harta.

Keenam dalil yang melandasi dikeluarkannya fatwa haram merokok oleh Muhammadiyah di atas mudah-mudahan menjadi pertimbangan kita semua, baik kita sebagai perokok aktif atau kita sebagai perokok pasif. Yang pasif berusahalah untuk terus menasihati teman-temannya yang merokok. Tentu ini demi kebaikan kita bersama.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat…

Artikel terkait

Ngerinya Dampak Merokok Bagi Kesehatan

4 Komentar

  1. Semoga kita bisa menjadi lebih sehat dan makmur

    • amieen… semoga saja
      terima kasih pa wen, sudah mampir🙂

  2. wah susah mas mau berhenti merokok..
    ya kalo ada niat mungkin bisa..

    • emang sgala ssuatuny brmula dr niat.
      dgn kesungguhan niat, insyaAllah kang farhan. kt bs brhnti merokok.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s